Seorang Nasrani Menjadi Wali Abdal

Syekh Abul Hasan atau yang lebih dikenal dengan nama Syekh Ibnu Thanthanah al Baghdadi menceritakan :

    

Pada malam meninggalnya Syekh Abdul Qadir, aku sibuk dengan ilmu dan banyak begadang lantaran menanti suatu keperluan untuk beliau. Pernah pada suatu malam di bulan Shafar tahun 553 Hijriyah Syekh Abdul Qadir keluar dari kediaman beliau. Kuberikan kepada beliau sebuah cerek, namun beliau tidak mau menerimanya dan terus berjalan menuju pintu madrasah. Beliau cukup memberi isyarat dan pintu madrasah itu pun terbuka dengan sendirinya. Beliau keluar dan aku mengikuti di belakang beliau. Aku bergumam di dalam hati, "Sesungguhnya beliau tidak menyadari keberadaanku." Setelah itu pintu madrasah tertutup sendiri, demikan pula pintu kota.
    Kami berjalan tidak jauh hingga kami sampai di sebuah kota asing yang tak kukenal sebelumnya. Beliau selanjutnya memasuki sebuah pondok yang di dalamnya terdapat enam orang lelaki yang sedang duduk-duduk. Begitu melihat Syekh Abdul Qadir, mereka memberi salam dan memberikan penghormatan kepada beliau, sementara aku bersandar di sebuah tiang.

Tiba-tiba kudengar suara rintihan, namun sebentar kemudian suara rintihan itu menghilang. Seorang lelaki masuk ke ruangan tempat rintihan itu berasal lalu keluar dengan memikul seorang lelaki dari ruangan itu. Kemudian masuklah seorang lelaki berkumis panjang dengan kepala terbuka. la berdiri di hadapan Syekh Abdul Qadir lalu melafalkan dua kalimat syahadat. Syekh Abdul Qadir menggunting rambut kepala serta kumis lelaki itu lalu memberinya nama Muhammad. Syekh Abdul Qadir berkata kepada enam orang tadi, "Aku memerintahkan lelaki ini sebagai pengganti si mayit." Mereka menjawab, "Kami mendengar dan kami taat."

Syekh Abdul Qadir meninggalkan mereka dan aku menguntit beliau dari belakang. Kami berjalan sebentar saja dan ternyata telah sampai di pintu gerbang kota
Baghdad. Seperti sebelumnya, pintu itu terbuka dan tertutup sendiri dengan isyarat
Syekh Abdul Qadir.

Keesokan harinya aku duduk di hadapan beliau untuk membaca. Namun waktu itu aku tak mampu membaca lantaran terhalau oleh wibawa beliau yang terlampau besar.


Beliau kemudian berkata kepadaku, "Wahai anakku, bacalah! Tidak ada masalah denganmu..." Kemudian aku meminta beliau menjelaskan apa yang kusaksikan kemarin. Beliau pun mulai menjelaskan, "Kota itu adalah kota Nahawand. Keenam orang itu adalah para wali abdal yang mulia. Adapun yang merintih adalah orang ketujuh dari mereka yang tengah sakit. Ketika ia meninggal, aku hadir di dekatnya. Orang yang memikulnya itu adalah Nabi Khidir A.S. la mengambilnya untuk menyelesaikan urusannya. Adapun orang yang kuambil janjinya adalah seorang Nasrani dari Kostantinopel. Aku mengangkatnya menjadi pengganti wali yang meninggal dan kini ia termasuk salah satu wali abdal.


Syekh Abdul Qoadir melarangku mengisahkan peristiwa ini kepada siapa pun selama beliau masih hidup.

Posting Komentar untuk "Seorang Nasrani Menjadi Wali Abdal"