Sejarah Singkat Berdirinya SDSI Amaliah

Sekolah Dasar Islam Amaliah adalah salah satu satuan pendidikan dengan jenjang Sekolah Dasar ( SD ) di Sungai Bakau Kecil Kec.Mempawah Timur Kab.Mempawah Kalimantan Barat. Dalam menjalankan kegiatannya,Sekolah Dasar Islam Amaliah berada dibawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mempawah .Sekolah Dasar Islam Amaliah beralamat di Jl.parit Senambang Rt 27 Rw 12 Desa Sungai Bakau Kecil Kec.Mempawah Timur Kab.Mempawah Kalimantan Barat.

Berdirinya Sekolah Dasar Islam Amaliah dilatar belakangi karena jauhnhya tempat-tempat pendidikan pada saat itu dan juga keinginan masyarakat untuk tetap bisa merasakan jenjang pendidikan seperti di daerah luar yang penuh dengan beragam pendidikan yang luar biasa. karena jauhnya dari tempat pendidikan saat itu, maka pada saat itu salah satu tokoh masyarat  dan warga sekitar mengadakan musyawarah untuk mendirikan Sekolah Dasar yang bernuansa Islam maka di buatlah Sekolah Dasar Islam Amaliah ( SDSI Amaliah ) dan Hasil Musyawarah tersebut menetapkan saudara MISRUJI, S.Ag sebagai Ketua Yayasan. 

Pada saat Sekolah Dasar Islam Amaliah di bentuk,Siswa-siwi hanya belajar dengan alat penunjang pelajaran yang sangat sederhana dan tempat belajarnya di teras Rumah Alm. Toli yang merupakan tokoh masyarat saat itu. Pada saat Pertama kali SDSI Amaliah di bentuk, hanya ada 18 Siswa - siswi dengan total guru yang mengajar hanya 3 Orang guru, dan pada akhirnya ada seorang Dermawan Bugis bernama Ibu Nur Seha bin Arsyad asal Sungai Jawi pontianak Mewakafkan sebidang Tanah dengan Luas ± 1400 m.untuk di jadikan Bangunan Sekolah Dasar Islam Amaliah ( SDSI Amaliah ).


Dengan keterbatasan biaya Sekolah Dasar Islam Amaliah ( SDSI Amaliah ) di bangun dengan sangat sederhana berbeda dengan sekolah-sekolah lain pada umumnya, Tiang - tiang bangunan hanya menggunakan kayu yang terbuat dari Pohon kelapa dan atapnya dari daun saja. dan pada saat musim hujan ruangan kelas masih bocor dan kadang ada siswa yang menangis karena mereka terguyur hujan pada saat jam pelajaran. Namun dengan Usaha yang pantang menyerah dan demi tegaknya pendidikan di Dusun Parit Senambang dan Sekitarnya dan pada akhirnya Sekolah ini berdiri kokoh dengan bangunan-bangunan yang indah walaupun tidak seindah bangunan-bangunan sekolah diluar sana.

Sekolah Dasar Islam Amaliah berdiri Tanggal 19-03- 2001 dan berada dalam ruang lingkup yang di beri nama Yayasan Amalia Mempawah Timur dan telah mampu membangun RA.Amalia, SDSI Amalia, Mts. Amalia Hisyami dan MA. Darul Amal.


Posting Komentar untuk "Sejarah Singkat Berdirinya SDSI Amaliah"