Terjadi Gempa di Turki menelan Ribuan Korban




 Dilansir dari AFP  , Pusat gempa berada pada kedalaman sekitar 17,9 km di kota yang dihuni dua juta orang tersebut. Setelah gempa pertama berguncang, puluhan hingga ratusan gempa susulan terjadi.

Kepala Pusat Gempa Nasional Suriah, mengatakan kepada radio pro-pemerintah bahwa gempa ini "menurut sejarah, gempa bumi terbesar yang tercatat dalam sejarah pusat gempa".

PBB melaporkan, ini adalah gempa terkuat selama lebih dari 80 tahun terakhir. Terakhir, gempa sebesar ini terjadi pada 1939, menewaskan 33.000 orang. Kini, Erdogan menetapkan tiga bulan masa tanggap darurat gempa.

"Kami akan segera menyelesaikan proses Presiden dan Parlementer terkait keputusan ini, yang akan mencakup 10 provinsi kami yang mengalami gempa dan akan berlangsung selama tiga bulan," tutur Presiden Erdogan.

Gempa mengguncang saat warga terlelap, sebelum subuh pada musim dingin setempat, bahkan badai salju. Di Gaziantep Gedung-gedung tiba-tiba bergoyang.

Koresponden AFP di Suriah utara mengatakan warga yang ketakutan berlarian keluar dari rumah mereka setelah gempa terjadi. Pusat gempa di Gaziantep Turki jaraknya sekitar 25 mil dari perbatasan Suriah.

Tayangan televisi menunjukkan warga yang terkejut di Turki berdiri di atas salju dengan mengenakan piyama mereka, menyaksikan para petugas penyelamat menggali puing-puing rumah yang rusak.

Di sekitar gedung bertingkat yang tiba-tiba ambruk, orang-orang berlarian. Ada juga yang menyelamatkan diri di tengah tumpukan salju. Konstruksi kokoh beton seketika menjadi puing. Banyak orang tertimbun bangunan.

Seorang pejabat badan penanggulangan bencana Turki, Orhan Tatar, dalam pernyataan yang disiarkan televisi setempat menyebut sedikitnya 3.381 orang tewas akibat gempa di berbagai wilayah Turki. Angka itu tercatat hingga Selasa (7/2) pagi sekitar pukul 09.45 waktu lokal Turki.


Dalam pernyataannya, Tatar juga menyebut sekitar 20.426 orang lainnya mengalami luka-luka di Turki. Disebutkan juga bahwa sebanyak 11.000 gedung di berbagai wilayah Turki mengalami kerusakan akibat

 

gempa terjadi di Kota Gaziantep, Turki, Senin (6/2) waktu setempat. Saking kencangnya gempa, gempa bahkan turut dirasakan di Siprus, Mesir, sampai Greenland, daerah yang sangat jauh dari Turki.

 

Posting Komentar untuk "Terjadi Gempa di Turki menelan Ribuan Korban"