Seekor Kijang Memohon Perlindungan Kepada Rasulullah

 


Diriwayat kan oleh Abu Naim di dalam kitabnya Al – Hilya Bahwa seorang laki - laki sedang lewat di sisi Rasulullah SAW dengan membawa seekor kijang hasil tangkapannya lalu Allah menjadikan kijang itu berbicara dengan Rasulullah SAW.

“ wahai utusan Allah sesungguhnya aku mempunyai beberapa anak yang masih menyusu dan sekarang aku sudah ditangkap, sedangkan anak - anakku kelaparan”. begitulah kata kijang,  yang meminta belas kasihan.

 mendengar itu Rasulullah SAW yang mengerti bahasa Kijang tersebut, kemudian  berdialog dengan si kijang, “ apa yang kau harapkan dariku?”. tanya Rasulullah SAW.

“Tolong perintahkan orang itu, untuk melepaskan aku, supaya aku dapat menyusui anak -  anakku dan sesudah itu aku akan kembali kemari”, janji kijang itu Kepada Rasulullah.

“ Kalau engkau tidak kembali lagi ke sini”.  tanya Rasulullah?.  “ kalau aku tidak kembali lagi kemari nanti Allah akan melaknatku sebagaimana ia melaknat orang - orang yang tidak mengucapkan salawat bagimu apalagi disebut namamu di sisinya”.  janji kejang itu kepada Nabi. “ lalu Nabi Muhammad SAW  pun bersabda kepada orang itu untuk melepaskan kijangnya tersebut untuk sementara waktu.  “ wahai pemuda lepaskanlah kijang ini dan aku akan menjadi penjaminnya”, kata Rasulullah.  atas perintah Nabi pemuda itu pun akhirnya melepaskan kijang itu, kemudia kijang itu langsung berlari menuju anak-anaknya untuk menyusui,  setelah semua anak - anak kijang kenyang si induk pun kembali lagi menemui Rasulullah dan pemuda itu pun menangkapnya kembali.

 di dalam cerita ini tidak dijelaskan kisah kijang selanjutnya apakah ia dipelihara atau disembelih lalu dimakan dagingnya?, atau dilepaskan kembali oleh pemuda itu,  yang jelas setelah kejadian itu Nabi Muhammad SAW mendapatkan wahyu dari malaikat Jibril yang berupa hadis Qudsi dan hadis itu berbunyi :

“ Wahai Muhammad Allah mengucapkan salam kepadamu, dan Allah berfirman demi kemuliaanku dan kehormatanku, sesungguhnya aku lebih mengasihi umat Muhammad daripada kijang itu mengasihi anak – anaknya,  dan aku akan kembalikan mereka kepadamu sebagaimana kijak itu kembali kepadamu”.

Posting Komentar untuk "Seekor Kijang Memohon Perlindungan Kepada Rasulullah"